Jualan apa ya kalau di kampung? simak ide berikut

Jualan apa ya kira-kira di kampung? jawabanya bisa apapun!

Produk hutan aja bisa dijual loh, apalagi di kampung yang manusianya ada. hehe

sebelum masuk ke ide jualan di kampung, kita harus fahami di era internet harusnya segalanya bisa jauh lebih mudah.

Jadi,

Untuk pemasaran produk harusnya terbantu dengan adanya internet masuk desa, adsa

belom lagi jasa kirim barang (/JNE, POS, TIKI/) lambat laun sudah mulai masuk ke pelosok daerah.

Artikel tentang ide bisnis ini panjang disertai detail penjelasan di setiap idenya, disarankan untuk disave dan dibaca berurutan kebawah agar mudah difahami.

Seperti kata pepatah, Lain kolam lain pula ikannya,

Kampung juga begitu, beda kampung ya beda juga jualannya, kenapa?

Karena setiap daerah memiliki ciri khas tersendiri, kebiasaan orang dan keadaan suatu daerah (iklim, gunung, bukit dll) bisa berpengaruh ke produk yang tersedia.

Belum lagi kalau ditambah adat dan budaya yang berbeda beda.

kita ambil satu contoh,

Kamu tahu suku baduy? yang tinggal di pedalaman jawa bagian barat? salah satu kelompok masyarakat yang sengaja mengisolasi diri dari perkembangan dunia luar.

tapi tahukah kamu kalau produk yang khas dari baduy banyak yang diminati?

dan bahkan sudah masuk tokopedia ataupun bukalapak loh.

Bukan berarti lingkungan terisolasi tidak bisa mengeluarkan produk yang bisa dijual jauh dari tempat produk itu berasal

Peritastic

Jadi jualan apa pun di kampung itu bisa! bukan tergantung produknya, tapi bagaimana kita memilih strategi yang tepat untuk menjual barang di kampung.

Secara sederhana, saya membagi kedalam 3 strategi:

Pertama Mengambil produk jualan ke kampung. artinya kita mencoba menjual produk yang belum pernah ada dan masih jarang di kampung.

Terlihat sederhana, tapi jika dilakukan dengan benar ini bisa membuat bisnis kamu tidak mempunyai pesaing dan peluang suksesnya semakin besar.

Sebelum itu, lakukan sedikit riset atau wawancara singkat ke orang terdekat atau lingkungan kamu, dan lakukan beberapa langkah berikut ini :

  • Setiap kampung memiliki karakter rasio usia yang dominan, lihat di rentang usia mana yang lebih dominan di kampung kamu misal, ( 20-25,25-30 dst)
  • Jika sudah tahu, berapa rentang pendapatan atau daya beli di rentang umur yang sudah kamu perkirakan diatas.
  • Lihat karakter kampung kamu, pertanian, pertambangan atau industri lainnya, hal ini bisa membuat kita lebih mudah menentukan produk
  • dan ini yang paling penting, produk yang akan kamu jual apa pernah ada dikampung kamu, atau seberapa penting kah produk tersebut di kampung?

Langkah diatas fungsinya untuk mempermudah kita menentukan produk yang akan kita jual nantinya. dan bisa kamu sesuaikan dengan ide jualan di kampung di bawah ini.

Berikut beberapa ide bisnis jualan dikampung dengan mengambil produk diluar kampung;

1. Membuat warung kopi dan gorengan lengkap dengan WIFI Internet

Hampir disemua pelosok daerah ada yang namanya gorengan dan warung kopi,

Tapi bagaimana dengan Warkop Wifi?

Paket pulsa tidak bisa dibilang murah, jika kamu memberikan layanan lebih ke pelanggan warung, otomatis semakin betah, pesanan kopi dan gorengan semakin banyak.

Belum lagi kalau di sekitar warung banyak remaja yang hobi main game online dari handphone, atau bapak-bapak yang gemar lihat video youtube.

Strateginya cukup sederhana,

Sediakan meja panjang lengkap dengan terminal atau colokan listrik, nah untuk internet bisa kamu berikan password, jadi tidak semua orang bisa akses. cukup di beri gratis atau misal 2000-5000 per hari sepuasnya.

Jangan lupa mengganti password setiap hari, biar ga kecolongan 😛

Ya mirip-mirip warnet lah, tapi lebih kekinian.

Dan ini sudah terbukti loh, di beberapa kampung saya pernah menemukan ide jualan seperti ini. dan hasilnya bisa dikatakan lumayan pake banget.

2. Menjadi agen pengiriman barang atau paket

Kamu tahu tokopedia atau bukalapak? ada berapa transaksi setiap hari yang terjadi? bisa lebih dari ribuan.

Mungkin salah satu pembelinya adalah tetangga kamu.

Artinya kebutuhan pengiriman barang atau paket selalu bertambah.

/Tapi kan ada kantor pos?/

Jujur saja, bagi penjual barang online, pengiriman lewat kantor pos agak menyulitkan.

Bisa karena jauh, atau jam buka yang terbatas.

Cobalah kamu berdisukusi, berapa banyak disekitar kamu yang melakukan transaksi online? apakah ada agen pengiriman paket terdekat?

3. Menjual jasa pemasangan internet atau tv kabel

Entertaimen selalu dibutuhkan dimanapun orang tinggal.

Tapi bagi sebagian kampung, keinginan untuk menambah jalur hiburan selain televisi antena terkadang terhalang karena kesulitan mencari agen terdekat.

DIsini peluangnya.

cobalah kamu untuk mencari informasi, apakah kampung kamu memungkinan untuk mendapatkan sinyal atau jalur internet atau tv kabel?

Tv kabel atau berbayar ada juga loh lewat media antena, tidak harus selalu parabola.

dan untuk internet, coba kamu kunjungi indihome terdekat, atau bisa juga melalui internet satelit.

ini lebih sulit,

tapi jika kamu sudah tahu berapa jumlah peminat atau calon pelanggan terbilang banyak, apa salahnya mengajukan untuk dibuatkan jalur atau kamu kamu sendiri membuat akses internet satelit. dan kamu sebagai distributor resminya

Bisa kamu cari di google tentang internet atau internet masuk desa

4. Menjual produk makanan yang lagi viral didaerah lain

Jualan makanan di kampung berbeda dengan jualan makanan di kota.

perbedaannya adalah di daya beli tiap orang, kemungkinan masih dibilang rendah.

Tetapi ada juga sih satu kampung yang gengsinya besar dan daya belinya juga tinggi.

Untuk berjaga-jaga, hindari berjualan makanan berkonsep cafe atau rumah makan.

Selain biaya sewa yang memberatkan, diluar makanan rakyat selain bubur, bakso dsb, biasanya agak sulit diterima dengan mudah.

Cobalah melalui versi gerobak atau makanan kemasan yang bisa kamu pasarkan dari rumah.

Misal jualan kebab di gerobak, seblak, dan makanan franchise atau gerobak yang paling hits dan viral di internet.

Caranya cari di media sosial atau instagram mana makanan atau jajanan yang lagi trend, cari yang bisa kamu ambil lisesnsinya atau buat sendiri versi kamu.

5. Jasa travel atau agency wisata

Untuk ide yang satu ini, tidak bisa dilakukan di semua kampung memang. tapi bukan berarti mustahil.

Semenjak ada instagram, dan Handphone ber kamera, orang sekarang gemar untuk mencari wisata wisata baru yang bagus dan masih jarang diketahui orang.

kalau bahasa kerennya, wisata alam yang virgin.

Apalagi untuk wisatawan dari luar negeri,

Mereka (bule) selalu mencari tempat wisata yang unik, dan belum pernah ada ditempat mereka berasal.

/Bagaimana caranya?/

Kamu buat sebuah blog, website atau akun instagram, promosikan wisata dikampung dengan media foto, tulisan dan cerita yang bikin orang ingin datang dan berkunjung,

/dan voila/, setiap orang yang ingin datang bisa jadikan pelanggan dan kamu sebagai pemandu wisatanya, sekaligus penyedia semua akomodasinya. istilahnya all in begitu.

Jadi jualan apa ya di kampung kalo berkonsep wisata seperti ini?

Tentu saja ide ini masih seperti daging sapi mentah yang siap diolah, banyak hal hal bisa kamu jadikan sumber pendapatan.

Coba cari kampung wisata di google untuk bayangan awal, seperti apa kampung yang dijadikan potensi wisata.

Tapi di kampung saya ga menarik, ga ada objek wisatanya. Pasti selalu ada! objek wisata tidak harus berupa wisata alam

kamu bisa baca beberapa artikel untuk memulai bisnis dengan konsep wisata:

6. Jasa titip belanja dari kota ke kampung

Sebenarnya ini ide lama yang masih bisa jalankan di masa sekarang

Seperti namanya ini hanya jadi seseorang yang bersedia memberikan jasa penitipan pembelian barang.

Kenapa masih relevan di masa sekarang?

Terkadang tidak semua orang punya kesempatan untuk bepergian ke daerah lain, dan juga banyak dari orang mempunyai keinginan untuk memiliki barang tertentu tapi tidak mau untuk bepergian.

caranya sederhana cukup banyak memberi informasi mengenai layanan kamu ke orang orang yang menjadi target pasar kamu

7. Menjual produk fashion dengan bermodal katalog

Masih tentang ide lawas, ide ini bisa dikembangkan menjadi katalog online.

Tidak semua orang faham untuk bertransaksi online di marketplace. kamu cukup memberikan layanan jasa beli barang di internet.

untuk katalog biasa berbentuk kertas,

Di kota besar yang mempunyai industri fashion biasanya mengeluarkan katalog baik gratis atau dengan membeli.

Misalnya produk fashion di sekitar cibaduyut bandung, dan beberapa mall di kota ini.

Luangkan waktu untuk sekedar survei kesana. atau bisa juga memesan katalog dan mereka biasanya bersedia untuk mengirimkan.

metode ini cocok untuk kamu yang jauh dari kota bandung.

8. Menyewakan rumah atau kamar untuk wisatawan

Ide ini berhubungan dengan ide kampung wisata diatas tadi.

menyewakan tempat untuk tinggal sementara untuk kebutuhan wisata maupun laiinya bisa dijadikan bisnis jasa di kampung tertentu.

Kamu bisa mempromosikan langsung melalui internet atau media sosial.

tapi kan ada hotel atua penginapan?

Nilai lebih “rasa rumahan” yang banyak di cari oleh wisatawan yang bersedia tinggal di penyewaan rumah. waktu yang fleksibel tidak sekaku hote. dan bisa juga rasa kekeluargaan yang bisa kamu bangun di model bisnis seperti ini

Situs penyedia kamar seperti Agoda atau airbnb bisa kamu juga gunakan.

untuk cara atau panduan menjankan bisnis ini di agoda atau airbnb kamu bisa membacanya disini:

9. Menjual Aksesoris handphone dan termasuk pulsa dan jasa digital lainnya.

Aksesoris tidak ada matinya, selama produk utama diminati maka tentu produk pendamping akan laris dipasaran.

memang bisnis ini cukup memakan modal dan harus pilih-pilih produk yang laku dipasaran

bebeda untuk penjualan pulsa dan digital,

biasanya hanya membutuhkan keanggotaan terlebih dahulu, dan biaya pendaftaran diawal sebagai modal awal.

Bagaimana bersaing?

carilah lokasi yang cukup padat tapi belum ada jasa sejenis di daerah tersebut.

Semua ide diatas hanya sebagain kecil potensi sebuah kampung,
bisa kamu modifikasi dan sesuaikan dengan karakter kampung kamu ya

Saya hanya memberikan gambaran besar atau berupa ide kasar, kamu bisa membuatnya lebih baik.


Stratregi kedua, Menjual produk kampung ke luar, bisa nasional se-Indonesia bahkan mendunia.

Kuncinya adalah lihat potensi sumber daya yang ada lingkungan kamu, baik produk yang khas atau orang yang mempunyai keahlian tertentu,

Ada beberapa kampung di indonesia yang sangat ahli di bidang tertentu, misal kampung para penjahit, /bukan penjahat ya hehe/

Sekarang jarak bukan halangan kita untuk berbisnis, dengan potensi dari internet dan social media segalanya jadi lebih memungkinan

Saya pernah membuat bisnis serupa, menjual produk kerajinan yang dipasarkan ke luar negeri. kamu bisa baca di artikel dibawah ini:

Nah,

apa saja yang bisa kamu jual dari kampung? berikut beberap ide jualan produk kampung go global:

10. Menjual produk kerajinan khas ke pasaran melalui marketplace

Produk kerajinan yang bersifat hiasan atau barang kegunaan selalu ada peminatnya.

Jika harus memilih, saya menyarankan untuk memilih kerajinan yang memiliki fungsi (nilai guna) dibanding kerajinan yang bersifat hiasan.

Alasannya sederhana,

produk yang memiliki kegunaan akan memiliki batas guna atau rusak, artinya akan ada repeat order atau pemesanan berikutnya.

dan juga produk kerajinan yang memiliki fungsi jauh lebih bernilai di mata para pembeli.

contohnya kerajina tas dari rajutan di banding hiasan dinding dengan bahan yang sama akan berbeda tingkat pemesanannya kedua kalinya.

Carilah di daerah kamu tinggal potensi produk kerajinan yang hanya ada disekitar kamu tinggal, beri tambahan nilai guna jika masih berbentuk hiasan. atau bisa juga berkonsultasi ke orang yang mengerti produk seperti desainer produk.

Produk seperti tas anyaman rotan dari tasikmalaya, atau kerajinan perhiasan dari bali, Kerajinan perak dari Jogja, Atau furniture rota dari cirebon, semuanya merupakan produk yang saya coba jelaskan di metode ini.

Baca artikel ini sebagai referensi

11. Selain Kerajinan, Makanan khas bisa kamu modifikasi untuk dipasarkan

Bohong jika kamu tidak tahu yang namanya rendang asal padang. Hampir disetiap daerah pasti mudah untuk ditemukan.

tapi pernahkah mendengar rendang kalengan?

Ide yang menarik karena dengan konsep kalengan daya tahan makanan akan lebih lama. dan bisa dipasarkan melalui internet.

Saya pernah membantu untuk branding sebuah produk olahan UKM berupa bawang goreng terasi dalam bentuk toples dan plastik.

Setelah dalam bentuk kemasan yang modern, makanan sederhana ini bisa menjangkau sampai ke negara jerman, luar biasa bukan??

Caranya bisa dengan kalengan, plastik makanan atau setengah jadi yang bisa orang olah terlebih dahulu sebelum disajikan

12. Berkarya dengan membuat Handmade

Untuk kamu yang di berkahi kemampuan berkarya, ini adalah moment yang berharga ketika internet sudah masuk kemana-mana.

Ketika saya masih bekerja sebagai seorang desainer interior, saya pernah bekerja sama dengan seorang pengrajin kaca kuningan dari daerah solo.

Bagaimana saya bisa mengenal beliau?

Dari blog sederhana yang dia buat! beliau hanya menampilkan beberapa hasil karyanya dan membuat saya menarik.

Produknya dibuat dengan kesepakatan antara saya pelanggan dan beliau dengan bentuk dan ide yang saya buat. hasilnya cukup memuaskan dan saya bisa saya gunakan untuk project saya

Sekedar info, produk beliau saya pernah saya jual ke seseorang di australia yang sedang membutuhkan produk serupa.

So, jika kamu memiliki keahlian seperti beliau, cobalah untuk berani untuk memulai promosi dengan blog atau website. sosial media juga bisa digunakan tapi seperti namanya, media sosial adalah tempat untuk sosial, jadi rasanya kurang tepat

berikut panduan membuat blog versi saya:

13. Merchandise atau souvenir wisata daerah

Setiap orang yang berkunjung ke tempat wisata pasti menginginkan buah tangan untuk dijadikan oleh-oleh.

Tapi bagaimana jika orang tersebut belum bisa berwisata tapi menginginkan produk souvenir dari daerah tertentu?

Saya ambil contoh

Saya menyukai produk kerajinan dan buah tangan yang berasal dari negera jepang, tapi faktanya saya belum pernah kesana (hehe semoga secepatnya, amin)

Yang bisa saya lakukan adalah menitip beli atau beli langsung secara online!

Nah disinilah ada peluang yang kita bisa ambil, masih ada ko orang menyukai barang-barang daerah tertentu untuk dijadikan hiasan, atau melengkapi koleksi pribadi.

Caranya promosikan souvenir dari daerah kamu ke internet. peluang ide bisnis online ini masih cukup menjanjikan loh, asalkan kamu mau berusaha menemukan pasar yang tepat untuk produk kamu

14. Menjual hasil Bumi

Hasil bumi itu bukan tentang sayuran dan buah loh ya,

Kita disini berbicara tamanan! iya tanaman

Tanaman bisa dikatakan sangat bergantung pada lingkungan dimana ia tumbuh, jadi antara satu wilayah dengan wilayah lainnya bisa jadi berbeda.

Nah di kampung kamu bagaimana kondisi alamnya, apakah bisa untuk budidaya tanaman?

Point pentingnya adalah cari tanaman yang paling bernilai tinggi dengan peminat yang banyak dan tentu saja bisa hidup di kampung kamu!

Pernah mendengar mangga indramayu, beras cianjur, atau kopi sulawesi? nah maksud saya seperti itu

Misal daerah kamu adalah dataran tinggi dengan kelembapan yang tinggi, bisa jadi kamu budidaya bunga tulip atau lili. wow menarik,

Tugas yang paling penting adalah bereksplorasi, belajar dan mencari penadah yang baik untuk hasil budidaya

Memang agak sulit untuk menjual barang kampung ke pasar luar, tetapi itu bukan hal yang mustahil loh.

Seperti pengalaman saya diatas,

Saya pernah menjual produk kerajinan kuningan satuan ke eropa dan amerika, padahal jujur saja saya hanya berbekal sebuah foto dipasang di media internet. yang saya tawarkan secara langsung di web.

Mungkin artikel bisa kamu baca untuk tips menjual barang di marketplace luar negeri:

Strategi Ketiga, Jualan produk dari kampung ke kampung. Jujur saja ini yang paling membutuhkan sedikit tenaga dan pemikiran.

Jualan apa pun di kampung tidak terlepas dari istilah “kebutuhan pasar”, artinya apa yang paling dibutuhkan di kampung.

Misal, di kampung kamu orang gemar nongkrong atau ngopi, ya dengan persaingan sehat dan inovasi dari toko lain, jualan warung kopi masih bisa ditiru, (warung kopi sekedar contoh)

Yang paling penting adalah ::INOVASI !::

Bisnis tanpa inovasi lambat laun akan semakin menurun dan tergerus perkembangan zaman dan kebutuhan pasaran.

kecuali produk sembako dan kebutuhan yang utama seperti air dan gas, mungkin tidak terlalu berpengaruh.

Jualan di kampung dengan mengambil barang yang mudah didapat, harus lebih kreatif ditambah ide yang unik.

Lihat sekeliling kamu, Jualan apa yang paling ramai? kamu amati, kemudian tiru dan beri nilai lebih dengan sebuah perbedaan kecil,

Dari bungkus, tempat yang lebih nyaman dan bersih, kartu pelanggan, social media dsb.

kekurangan dari toko lain, bisa dijadikan patokan.

Jangan sekali-kali meniru dan memberikan nilai lebih berupa harga yang lebih murah. itu sama saja dengan menurunkan kelas jualan kamu dibanding toko serupa.

berikut beberapa ide jualan di kampung yang bisa kamu gunakan;

15. Jualan mainan dan jajanan anak di sekitaran sekolah

Sampai kapanpun pelajar sekolah selalu ada, nah sekiranya kamu tinggal dekat dengan jalur sekolah, sebenarnya itu sangat memudahkan.

Jajanan sekolah mau tidak mau akan dibeli pelajar asalkan sesuai dengan uang saku mereka.

Alasannya karena terbatasnya orang jualan dengan waktu yang sempit (jam istirahat) bikin siswa secepatnya untuk jajan

sama halnya dengan mainan,

orang tua mana yang tega melihat anaknya merengek ketika melihat mainan?? untuk kamu yang punya anak pasti faham.

Masuknya barang impor cina yang relatif jauh lebih murah bisa kamu mamfaatin loh

16. Jasa service dan pemasangan

Produk kebutuhan rumah tangga itu banyak tetapi tidak semua orang bisa untuk memasang atau merawatnya, apalagi elektronik.

Perangkat seperti AC, lemari pendingin atau pun pompa air menjadi primadona kebutuhan rumah tangga.

Kunci dari bisnis ini adalah untuk mau belajar dan mengikuti les keahlian reparasi.

akan lebih menarik jika kamu menawarkan jasa kamu melalui media sosial dan orang terdekat sebagai langkah awal bisnis.

17. Memberikan pelatihan, kursus atau les yang kreatif

Tidak semua orang mempunyai keahlian yang sama,

Andaikan kamu memiliki pengalaman di bidang tertentu, ada baiknya ilmu itu di buat lebih berguna lagi dengan dijadikan tempat pelatihan kepada yang membutuhkan.

Tak jarang orang mencari pelatih yang sesuai dan diharapkan di daerah tertentu.

keahlian yang kekinian seperti pelatihan zumba, fitness, atau bahkan pelatihan pembuatan toko online bisa saja kamu jadikan temanya

18. Buat Komunitas hobi lalu berjualan kebutuhan

Nah ini yang paling banyak orang gunakan sekarang.

Masih ingat kan tentang tren penggemar burung? atau miniatur kereta atau truk?

Pada dasarnya setiap orang memiliki hobi. dan untuk hobi orang bisa mengeluarkan uang yang jauh lebih banyak.

Menjual kebutuhan objek hobi seperti pakan burung bisa lebih mudah jika kamu masuk kedalam komunitas tersebut.

untuk ibu ibut bisa juga membuat komunitas senam atau memasak. sama halnya arisan yang dibumbui bisnis rumahan,

dikomunitas ibu juga bisa saling jual beli produk kan??


Penghambat utama orang untuk berjualan adalah Gengsi, modal dan kemauan.

jika kamu memiliki dua diantaranya, harusnya kamu bisa langsung memulai usaha dari sekarang.

tetapi perlu diingat,

Langsung memulai itu bagus, tapi jangan sampai tanpa ada persiapan. itu sama saja dengan berniat untuk gagal.

Sekecil apapun jualan di kampung, ada baiknya dibuat strategi diawal dan jangan lupa untuk melakukan pembukuan keuangan.

Jadi Jualan apa ya di kampung? jika ide-ide diatas belum memberikan yang kamu mau,

Kamu bisa bertanya di kolom komentar, atau berlangganan melalui email dibawah ini.

Selamat berjualan 🙂

Next Article

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *